Berita

GAPURA CINTA NEGERI

Pemerintah punya cara unik untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-74 RI tahun ini. Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Ekonomi Kreatif menggelar lomba menghias gapura bagi masyarakat umum, lembaga, perusahaan, serta instansi. Khusus untuk kategori umum, diikuti kelompok masyarakat tingkat RW. Seluruh masyarakat Indonesia bisa mengikuti perlombaan yang digelar pada 17 Juli hingga 17 Agustus 2019.

Pemerintah menyediakan total hadiah Rp 1 miliar dan 15 piala. Rinciannya, 10 liala dan piagam untuk 10 pemenang gapura Kategori Umum dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang, 1 piala Presiden bergilir dan Piagam untuk Gapura Terbaik kategori masyarakat umum dan hadiah uang senilai Rp 250 juta per pemenang, serta 3 piala dan piagam untuk 3 pemenang gapura kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang. Pemerintah juga menyediakan 1 piala dan piagam untuk gapura favorit dan hadiah uang senilai Rp 100 juta.

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara juga turutserta memeriahkan kegiatan tersebut. Sebuah ide dan gambar cemerlang dengan segenap hati pikiran dan perasaan kasih dan sayang kepada sesama manusia dituangkan oleh Amin Andi Syaifudin, manusia penuh talenta, belum sarjana masih kuliah, staf umum dan kepegawaian Dinas Pendidikan kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara, diwujudkan menjadi nyata dengan modal sederhana dan ketulusan, urunan dari saku seluruh karyawan karyawati Dinas Pendidikan kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara yang memberi Rp5.000 Rp10.000 Rp20.000 dan Rp100.000 lebih hingga terkumpul dana 1 juta lebih sedikit, menjadi Gapura Cinta Negeri berbentuk gunungan, ikon pewayangan, ikon Indonesia, dirajut dari bambu tanaman asli Banjarnegara, mengandung makna kerja sama gotong royong untuk menghasilkan suatu karya.

Hanya dalam waktu kurang dari sepekan, semenjak dirancang dan kemudian dipasang secara bergotong-royong dan kerja keras untuk mendirikannya, gapura bercita rasa khas Banjarnegara ini mewujud dan mampu menghapus lelah dan keringat 17 orang yang terlibat langsung dan ingin memberi arti pada peringatan kemerdekaan RI ke-74 ini, bekerja sama dan bekerja keras membaca gambar rancangan, membuat kerangka dan memasang satu demi satu bilah bilah bambu, mempercantik warnanya, mengeringkannya dan menggotong beramai-ramai ke depan pintu gerbang kantor di pinggir jalan raya.

Gapura ini terutama dipersembahkan bagi para pahlawan tanpa tanda jasa, para guru seluruh negeri yang telah mencerdaskan kehidupan bangsa, mendidik dan mengajar anak-anak negeri sehingga menjadi manusia-manusia yang cerdas, bermartabat, cinta damai dan bersahaja dan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul sebagai wujud nyata bagi negeri Indonesia yang Berkemajuan.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA
Selamat merayakan HUT Kemerdekaan ke-74

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.