Berita

Diklat Penguatan Kepala Sekolah TK/SD/SMP Kabupaten Banjarnegara

 Bertempat di Hotel Moro Seneng Baturaden, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Drs. NOOR TAMAMI, M.Pd. menyampaikan materi “Kebijakan Pemda Bidang Pendidikan” pada kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah TK/SD/SMP Kabupaten Banjarnegara didampingi Kepala Bidang PTK Drs BAMBANG BUDI SETYONO, M.Pd dan Kasi Mutasi SUJADI, S.Pd, MM.

Diklat oleh LPPKS (Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Kepala Sekolah) Kemendikbud RI ini, dilaksanakan oleh LPD (Lembaga Penyelenggara Diklat) Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan dua angkatan. Angkatan pertama diikuti 197 peserta dan angkata kedua 111 peserta orang (total 308 orang) dilaksanakan mulai tanggal 25 September s.d. 2 Oktober 2019 dan 3-10 Oktober 2019.

Dalam kesempatan tersebut, sambil menyampaikan dengan banyak joke joke segar di depan peserta yang mayoritas adalah guru-guru muda cantik ceria, panjang lebar Kepala Dinas (Kadin) menyajikan kondisi terkini pendidikan di Banjarnegara terkait juga anggaran, ketersediaan guru dan kepala sekolah dan peran Kepala Sekolah (KS) sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Didengarkan dan diperhatikan dengan baik oleh peserta dengan penyampaikan yang tidak membosankan, Kadin menyampaikan pula tentang Kebijakan Pemda dalam penguatan kepala sekolah yaitu dengan mengadakan Diklat Penguatan KS dengan biaya APBD dan DIPA LPPKS yang telah dilaksanakan sejak Tahun 2016 s.d. 2018.


KS yang diangkat sebelum 9 April 2018 dan belum memiliki serifikat Diklat Calon KS diusulkan untuk mengikuti Diklat Penguatan KS dengan biaya dari Bantuan Pemerintah (Banpem) sejumlah 304 KS Negeri dan Swasta. Untuk
KS yang diangkat setelah 9 April 2018 dan belum memiliki NUKS diusulkan konversi untuk mendapatkan NUKS dari LPPKS,” ujarnya

Selanjutnya untuk kebijakan dalam menyiapkan calon KS, Pemda melaksanakan Seleksi Administrasi Calon KS. Dilanjutkan dengan
Seleksi Substansi Calon KS bekerjasama dengan LPMP Jateng dan LPPKS.
Terakhir juga diselenggarakan Diklat Calon KS bekerjasama dengan LPMP Jateng dan LPPKS. Biaya keduanya berasal dari APBD Banjarnegara.

Demikian hasil sementara yang dapat dilaporkan oleh Sultan Arman, staf Bidang PTK pada Seksi Pengembangan Dindikpora Kab. Banjarnegara secara live dari Baturaden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.