Berita

1000 guru PAUD, ikuti Pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter

 

DS – 1000 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kabupaten Banjarnegara mengikuti Pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK). Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari (08 – 10/10) ini dilaksanakan di Ballroom Surya Yudha Park. Pelatihan ini dilaksanakan guna menyiapkan generasi emas kedepan yang berkarakter dan berakhlak mulia, serta berbudi pekerti yang baik.“Pendidikan karakter menjadi sangat penting terutama untuk ditanamkan sedini mungkin pada anak-anak kita yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa” kata Kepala Dindikpora, Noor Tamami, Selasa (08/10) di sambutannya.Karena itu, lanjutnya, saya berharap setiap peserta untuk serius menekuni dan mengikuti kegiatan ini. Sebab pelatihan ini diisi oleh Tim narasumber nasional yang terlatih dan metode mengajar anak PAUD kekinian. Hal ini tentu sangat berharga untuk peningkatan anak didik melalui peningkatan kompetensi guru-guru PAUD. Lebih jauh lagi, 1000 orang guru PAUD ini berkesempatan besar untuk melakukan transformasi dan pengembangan ilmunya ke anak didik di seantero Banjarnegara.“Apabila 1.000 Guru PAUD masing-masing memiliki 20 anak didik, maka akan ada 20 ribu anak PAUD di Banjarnegara yang menerima hasil dari pelatihan ini. Itu suatu lompatan yang luar biasa” katanya.

Berkait dengan pengembangan kompetensi ini, kata Noor, ke depan guru-guru PAUD akan mendapat banyak pelatihan agar dapat mengejar ketertinggalan dari daerah lain. Untuk mendukung tekad ini, Bidang PAUD mengembangkan metode pelatihan untuk Guru-guru PAUD dengan menggunakan media internet dalam jaringan (daring) melalui aplikasi Webex.“Dengan cara ini, guru tanpa harus bepergian dan menyita waktu mengajarnya dapat mengikutinya menggunakan Laptop ataupun Handphone yang terhubung dengan internet. Proses belaja mengajar dapat dilakaksanankan setelah anak-anak pulang belajar,  sehingga tidak mengganggu pembelajaran” katanya.

Kabid PAUD pada Dindikpora, Aziz Purwanto menambahkan acara Pelatihan ini terselenggara atas kerja sama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) dengan Indonesia Heritage Foundation (IHF) dan didukung oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tema pelatihan adalah pendidikan holistik berbasis karakter dengan pendekatan efektif dan saintifik untuk membentuk akhlak, daya pikir kritis, dan kreativitas Anak. Kegiatan didukung oleh Narasumber nasional yang membina kegiatan ini di seluruh Indonesia.“Nara sumber pelatihan adalah  TIM Indonesia Heritage Foundation (IHF) dan didukung oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia” katanya. (*_eKo / ed DS)

sumber: https://derapserayu.banjarnegarakab.go.id/2019/10/08/1000-guru-paud-ikuti-pelatihan-pendidikan-holistik-berbasis-karakter/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.