Berita

PRAMUKA SISTEM BLOK DI SMP 1 BAWANG

 

Berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang salah satunya mengatur tentang pengorganisasian model pelaksanaan ekstrakurikuler kepramukaan pada kurikulum 2013. Pelaksanaan Pramuka dalam Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Bawang dimulai dengan kegiatan orientasi kepramukaan sistem blok.

Sistem Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru di mana Sistem Blok ini bersifat wajib dan diselenggarakan setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum.

Tujuan kegiatan ini adalah pengenalan pendidikan kepramukaan yang menyenangkan dan menantang kepada seluruh peserta didik. Selain itu juga berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi siswa, dan memberikan kesempatan kepada siswa dalam pembentukan karakter serta pelatihan kepemimpinan.
Koordinator kegiatan, Tjatur Budijantoro,S.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan pramuka ini terintegrasi dengan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) yang dilaksanakan pada Kamis – Sabtu, 18 – 20 Juli 2019. Pihak sekolah sebagai gugus depan setiap tahun rutin mengajak bekerjasama dengan Anggota TNI dari Koramil Bawang. “Sengaja kami mengajak anggota TNI dari Koramil Bawang untuk bekerjasama dalam mengisi materi dan mendampingi siswa, ” jelas Tjatur. Beberapa siswa tampak menunjukan antusiasnya yang luar biasa. Materi yang disampaikan berupa orientasi kepramukaan, LBB, permainan, dan motivasi sebagai seorang pelajar. Harapan sekolah dengan diadakan sistem blok ini siswa menjadi tertarik terhadap kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Selain itu juga berfungsi untuk mengembangkan rasa tanggung jawab sosial siswa. Sehingga melalui berbagai pembaharuan pendidikan Kepramukaan, calon-calon pemimpin bangsa yang handal di masa datang dari anggota-anggota pramuka akan bisa diwujudkan. (Tj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.